Upaya Guru dalam Mengembangkan Sosial Emosional Peserta Didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Rumbai Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman
Main Author: | Nurpalina, Nurpalina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7857/4/11060023%20NURPALINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7857/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7857/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7857/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7857/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang enggan menolong teman dalam kesusahan sedangkan guru TK menanggapi perasaan negatif peserta didik dengan lucu atau meremehkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional peserta didik melalui modeling dan imitating, 2) upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional peserta didik melalui bermain kooperatif, 3) upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional peserta didik melalui belajar berbagi (sharing). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara dengan informan kunci satu orang guru dan tiga orang informan tambahan. Data ini diuji dengan melakukan triangulasi data, setelah itu dianalisis melalui tiga tahap: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terungkap bahwa: 1) upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional peserta didik melalui modeling dan imitating adalah guru mencontohkan cara menunggu giliran dengan membudayakan antri. 2) upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional peserta didik melalui bermain kooperatif adalah guru memberi tugas untuk masing-masing peserta didik misalnya dalam membersihkan perkarangan sekolah, seperti menyapu, membuang sampah, menyiram bunga dan lain-lainnya. 3) upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional peserta didik melalui belajar berbagi (sharing) adalah guru menanamkan kepada peserta didik untuk memahami orang lain dan ikut mengerti perasaan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru TK untuk lebih memperhatikan berbagai aspek perkembangan di usia dini khususnya aspek perkembangan sosial emosional peserta didik dengan menciptakan permainan yang melibatkan sekelompok peserta didik seperti bermain perang-perangan.