Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Sekolah, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa dengan Motivasi Belajar sebagai Variable Intervening pada Kelas VII IPS Terpadu di SMP N 3 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Widia Merta, Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/785/1/13090021%20WIDIA%20MERTA%20SARI%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/785/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/785/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/785/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/785/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) pengaruh tata tertib sekolah terhadap motivasi siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai. 2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai. 3) pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai. 4) pengaruh tata tertib sekolah terhadap disiplin belajar siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai. 5) pengaruh lingkungan sekolah terhadap disiplin belajar siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai. 6) pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai. 7) pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII IPS terpadu di SMP N 3 Batang Anai dengan cara pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling, yaitu cara pengambilan sampel secara acak di dalam populasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) tata tertib sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,720 dan nilai thitung sebesar 8,868 > ttabel sebesar 1,66 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 2) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, yang ditunjukan oleh 0,161 dan nilai thitung sebesar 2,255> ttabel sebesar 1,66 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 3) pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,117 dan nilai thitung sebesar 1,701>ttabel sebesar 1,66 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 4) Tata tertib sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,541 dan nilai thitung sebesar 7,985> ttabel sebesar 1,66 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 5) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,071 dan nilai thitung sebesar 1,668> ttabel sebesar 1,66 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 6) pola asuh orang tuaberpengaruhpositif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,125 dan nilai thitung sebesar 3,097 > ttabel sebesar 1,66 berarti Ha diterima dan H0 ditolak.7) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0, 343 dan signifikan dimana nilai thitung sebesar 5,015> ttabel sebesar 1,66 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diharapkan dan bermanfaat dalam meningkatkan disiplin belajar siswa yaitu: 1) bagi seorang guru yang merupakan bentuk peranan penting memberikan dukungan terhadap siswa agar lebih meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) bagi siswa agar meningkatkan disiplin belajar dengan meningkatkan disiplin waktu dan perbuatan serta meningkatkan motivasi belajar agar memperoleh prestasi belajar yang lebih baik. 3) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti topik yang sama, disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang diduga berperan dan mempengaruhi disiplin belajar siswa.