Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Konstruktivisme Siswa Kelas X SMA N 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Elvi, Hendriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7842/1/11080344%20ELVI%20HENDRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7842/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7842/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7842/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7842/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, kurangnya pemahaman siswa tentang menulis karangan eksposisi. Kedua, media yang digunakan guru masih terbatas. Ketiga, siswa kurang mampu mengembangkan ide-ide. Keempat, siswa terkendala pada penggunaan ejaan. Kelima, keterbatasan buku dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Konstruktivisme Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan . Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Penarikan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling, yaitu penarikan sampel berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 28 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik konstruktivisme siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dengan nilai rata-rata untuk seluruh indikator adalah sebesar 78 berada pada kualifikasi Baik (B) pada rentangan 76-85% pada skala 10. Untuk masing-masing indikator adalah sebagai berikut ini. Pertama, nilai rata-rata keterampilan siswa dalam memberikan pengertian dan pengetahuan adalah sebesar 80 berada pada kualifikasi Baik (B) pada rentangan 76-85% pada skala 10. Kedua, nilai rata-rata keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, dan bagaimana adalah 85 berada pada kualifikasi Baik (B) pada rentangan 76-85% pada skala 10. Ketiga, nilai rata-rata keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa yang lugas dan baku adalah 55 berada pada kualifikasi Cukup (C) pada rentangan 56-65% pada skala 10. Keempat, nilai rata-rata keterampilan siswa dalam menggunakan nada netral, tidak memihak, dan tidak memaksakan pendapat penulis kepada pembaca adalah 91 berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) pada rentangan 86-95% pada skala 10.