Kemampuan Menulis Laporan Kegiatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII MTsN Balai Selasa Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Rierie, Noviasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7836/4/10080089%20RIERIE%20NOVIASARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7836/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7836/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7836/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7836/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan menulis laporan kegiatan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa Kabupaten Pesisir Selatan masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis laporan kegiatan siswa tersebut disebabkan kurang bervariasi metode yang digunakan akibatnya siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis laporan kegiatan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa Kabupaten Pesisir Selatan. Masalah tersebut dipilih untuk mendapatkan gambaran mengenai tingkat kemampuan menulis laporan kegiatan siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa Kabupaten Pesisir Selatan yang dibatasi pada aspek pendahuluan, aspek isi/kegiatan, dan aspek penutup/kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Balai SelasaKabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 198 orang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penyampelan secara acak sederhana (Simple random sampling), yaitu 42 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor siswa dalam menulis laporan kegiatan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa Kabupaten Pesisir Selatan, data penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, Kemampuan Menulis Laporan Kegiatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII MTsN Balai Sealasa Kabupaten Pesisir Selatan untuk indikator 1 tergolong baik (B) dengan nilai 86% berada pada penguasaan 76-85% pada skala 10. Kedua, Kemampuan Menulis Laporan Kegiatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII MTsN Balai Sealasa Kabupaten Pesisir Selatan untuk indikator 2 Baik (B) dengan nilai 78 % berada pada penguasaan 76-85% pada skala 10. Ketiga, Kemampuan Menulis Laporan Kegiatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII MTsN Balai Sealasa Kabupaten Pesisir Selatan indikator 3 tergolong baik (B) dengan nilai 84% berada pada penguasaan 76-85% pada skala 10. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Laporan Kegiatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII MTsN Balai Selasa Kabupaten Pesisir Selatan untuk ketiga indikator tergolong baik(B) dengan nilai 82% berada pada penguasaan 76-85% pada skala 10