Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima masalah, yaitu (1) kegiatan menulis puisi merupakan suatu hal yang sangat rumit dan membosankan, (2) siswa sulit untuk mendapatkan dan menuangkan ide dalam menulis puisi, (3) siswa sulit memilih diksi yang tepat dan sesuai untuk merangkai larik-larik puisi, (4) siswa kurang memahami mengenai majas sehingga larik-larik yang diciptakan kurang menarik, (5) model pembelajaran yang digunakan kurang menarik sehingga siswa tidak terpacu untuk mengeluarkan ide-ide yang kreatif dan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 7 Padang dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence dan menganalisis pengaruh model pembelajaran concept sentence keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 7 Padang ditinjau dari kemampuan siswa memilih diksi dan kemampuan siswa menggunakan majas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desaign penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 7 Padang yang berjumlah 38 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 7 Padang sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran concept sentence. Data dianalisis dan kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 7 Padang. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembaran hasil kerja keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 7 Padang sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran concept sentence. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian dari masing-masing aspek dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence siswa kelas VII SMP N 7 Padang memperoleh rata-rata 61,84 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi Cukup. Kedua, keterampilan menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran concept sentence siswa kelas VII SMP N 7 Padang memperoleh rata-rata sebesar 80,26 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 7 Padang dengan uji thitung > ttabel = 4, 809 > 1,645. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 7 Padang.