Perilaku Belajar Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Kelas XII IPS SMA N I Solok Selatan
Main Author: | Melvi, Silvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/780/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/780/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/780/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/780/4/13070109%20MELVI%20SILVIA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/780/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perilaku siswa yang beragam saat pembelajaran sosiologi berlangsung. Pada pelaksanaan pembelajaran perilaku siswa dapat dilihat pada penguasaan siswa pada pola-pola tanggapan dan kebiasaan siswa yang muncul pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sosiologi kelas XII IPS di SMA N I Solok Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavioral Sociology yang dikemukakan oleh Skinner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan pada penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS SMA N I Solok Selatan dan guru sosiologi kelas XII IPS SMA N I Solok Selatan. Adapun metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Unit analisis dalam penelitian ini individu yang membangun sebuah kelompok social, yaitu siswa kelas XII IPS SMA N I Solok Selatan. Analisis data yang digunakan yaitu analisi data interaktif (Miles dan Huberman) yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa perilaku belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sosiologi yang diamati dalam bentuk tanggapan dan kebiasaan. Dalam bentuk tanggapan ada dua aspek yaitu: 1) mendengarkan guru ketika menyampaikan materi pembelajaran, tidak semua siswa yang hadir mendengarkan guru ketika menyampaikan materi pembelajaran, 2) menyalin materi pembelajaran, ada beberapa siswa yang tidak menyalin materi pembelajaran. dalam bentuk kebiasaan ada empat aspek yaitu: 1) sering terlambat masuk kelas ketika pembelajaran dimulai, 2) sering minta izin keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung, 3) melakukan kegiatan lain ketika pembelajaran berlangsung, 4) bolos belajar.