Pengaruh Penggunaan Teknik Objek Langsung Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi
Main Author: | Silvia, Yuliza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7794/4/11080342%20SILVIA%20YULIZA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7794/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7794/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7794/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7794/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis karangan deskripsi masih rendah. Masalah yang ditemui adalah pertama, kurangnya minat siswa dalam menulis terutama karangan deskripsi. Kedua, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide disebabkan keterbatasan kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Ketiga, metode dan teknik yang digunakan guru dalam belajar belum efektif dan bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA N 14 Padang sebelum menggunakan teknik objek langsung, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA N 14 Padang sesudah menggunakan teknik objek langsung, (3) mengetahui pengaruh yang signifikan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X SMAN 14 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik objek langung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan One Group Pretest Posstest. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas pretest dan posstest. Populasi dalam penelitian ini 285 oranng dengan pengambilan sampel secara propotional random sampling. Hasil penelitian ini adalah (a) keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X SMAN 14 Padang sebelum menggunakan teknik objek langsung memperoleh nilai rata-rata kelas 58,51 yang berklasifikasi Cukup, (b) keterampilan menulis deskripsi siswa kelas X SMAN 14 sesudah menggunakan teknik objek langsung memperoleh nilai rata-rata kelas 79,50 yang berklasifikasi baik, (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunan teknik objek langsung terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMAN 14 Padang karena thitung > ttabel ( 1,72 > 1,67).