Kemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas X SMA Kartika 1-5 Padang

Main Author: Satria, Erianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7787/2/11080239%20SATRIA%20ERIANTO.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7787/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7787/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7787/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7787/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah sebagai berikut. Pertama, siswa pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran karangan narasi ekspositoris. Kedua, model untuk pembelajaran menulis karangan relatif kurang digunakan khususnya menulis karangan narasi ekspositoris. Ketiga, ketika menulis karangan narasi ekspositoris siswa banyak yang tidak paham. Keempat, siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran menulis karangan narasi ekspositoris. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang berjumlah 183 orang yang diambil secara acak (proposional random sampling) yaitu sebanyak 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan menulis menulis karangan narasi ekspositoris dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan narasi eksposioris untuk indikator 1 (memperluas pengatahuan) tergolong lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata tingkat penguasaanya 74,07 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Kedua, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator 2 tergolong cukup (C) dengan rata-rata tingkat 62,96 dengan rata-rata tingkat penguasaan 56-65% pada skala 10. Ketiga, kemampuan menulis karangan narasi eksposioris untuk indikator 3 tergolong lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata tingkat penguasaannya 75,31 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Keempat, kemampuan menulis karangan narasi eksposioris untuk indikator 4 tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata tingkat penguasaanya berada pada 67,90 pada rentangan 66-75% pada skala 10. Kelima, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk gabungan keempat indikator tergolong lebih dari cukup (LdC) rata-rata tingkat penguasaannya 69,75 yang berada pada rentangan 76-85% pada skala 10.