Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang Kabupaten Solok
Main Author: | Septi, Yonara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/776/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/776/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/776/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/776/4/13050064%20SEPTI%20YONARA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/776/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa kurang aktif pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Teknik Quick On The Draw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes adalah 0,832 dan rtabel adalah 0,433. Karena r11 > rtabel maka soal tes reliabel. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh thitung =1,805 dan ttabel = 1,683 pada taraf nyata (α) = 0.05. Karena thitung> ttabel maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Teknik Quick On The Draw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang Kab. Solok.