Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah, yaitu rendahnya minat siswa dalam pembelajaran menulis, siswa kurang memahami unsur berita yaitu unsur 5W+1H, terbatasnya media yang digunakan sehingga siswa kesulitan mendapatkan ide-ide, siswa kesulitan mengemukakan ide dalam memulai menulis berita. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilaksanakan penelitian pembelajaran menulis berita dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 126 orang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel berdasarkan proporsi siswa per kelas (propotional random sampling) yaitu 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media gambar untuk gabungan keempat indikator tergolong Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 73,18 berada pada rentangan 66-75%. Masing-masing indikator akan dijabarkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media gambar untuk indikator 1 (judul berita) tergolong lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 68,75 berada pada rentangan 66- 75% pada skala 10. Kedua, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media gambar untuk indikator 2 (teras berita) tergolong hampir cukup (HC) dengan rata-rata 53,12 berada pada rentangan 46-55% pada skala 10. Ketiga, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media gambar untuk indikator 3 (tubuh berita) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 93,75 berada pada rentangan 86-95% pada skala 10. Keempat, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media gambar untuk indikator 4 (EYD) tergolong baik (B) dengan rata-rata 77,08 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10