Pengaruh Teknik Kerangka Tulisan Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Serikat Dangang Islam Silungkang

Main Author: Jusnita, Jusnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7723/2/11080137%20JUSNITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7723/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7723/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7723/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7723/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dan menyusun kata-kata, Kedua, kurangnya kreativitas guru dalam memilih teknik pembelajaran, Ketiga, kurangnya minat dan motivasi dari siswa untuk menulis karangan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Serikat Dagang Islam Silungkang dengan menggunakan teknik kerangka tulisan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen One Grup Pretes-Postest Desigen. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Serikat Dagang Islam Silungkang sebanyak 36 sampel. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu kemampuan menulis karangan argumentasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik kerangka tulisan. Instrumen yang digunakan adalah unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Tes kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Serikat Dagang Islam Silungkang pada kelas pretes dan posttest. (1) sebelum diberi perlakukan (pretest) hasil diperoleh berada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,14. (2) setelah pemberikan perlakuan (posttest) hasil yang diperoleh berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,16. Pengujian hipotesis melalui pengukuran menggunakan uji-z diperoleh Zhitung = (3,26) < Ztabel (-1.98). Hal ini berarti hipotesis (H1), terdapat pengaruh terhadap teknik kerangka tulisan