Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah. Pertama, kurangnya motivasi siswa untuk melatih kemampuan menulis. Hal tersebut dikarenakan anggapan siswa yang mengatakan menulis itu kurang menyenangkan terutama menulis cerita biografi. Kedua, siswa sulit menbedakan isi dari struktur pertama dan selanjutnya sehingga siswa merasa jenuh dan bingung untuk memulai menulis. Ketiga, siswa kurang mampu membedakan tulisan biografi dengan tulisan lainya. Keempat, tidak semua guru menggunakan media dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Painan yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 orang siswa. Data penelitian ini berupa hasil tes menulis cerita biografi berbantuan media audio visual siswa kelas VIII SMPN 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis cerita biografi berbantuan media audio visual siswa kelas VIII SMPN 1 Painan bahwa kemampuan menulis siswa tergolong Baik (B) dengan rata-rata hitung mean (M) 77,78 yang berada pada rentang 76-85%. Berdasarkan analisis data terhadap kemampuan menulis cerita biografi berbantuan media audio visual siswa kelas VIII SMPN 1 Painan dapat diketahui sebagai berikut. Pertama, untuk indikator 1 (orientasi) tergolong Baik Sekali (BS) dengan rata-rata hitung 94,45 Berada pada rentangan 85-95% pada skala 10. Kedua, untuk indikator 2 (peristiwa dan masalah) tergolong Baik Sekali (BS) dengan rata-rata hitung 90,29. Berada pada rentangan 85-95% pada skala 10. Ketiga, untuk indikator 3 (reorientasi) tergolong Kurang (K) dengan rata-rata hitung 45,81 berada pada rentang 36-45% pada skala 10. Keempat, untuk indikator 4 (konjungsi) tergolong Baik Sekali (BS) dengan rata-rata hitung 87,50 berada pada rentang 85-95% pada skala 10. Kelima, untuk indikator 5 (pronomina) tergolong Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata hitung 72,24 berada pada rentang 66-75% pada skala 10. Keenam, sikap siswa dalam kemampuan menulis cerita biografi berbantuan media audio visual siswa kelas VIII SMPN 1 Painan untuk sikap santun tergolong Cukup Baik-Baik (CB-B), untuk jujur tergolong Cukup Baik-Baik (CB-B), dan untuk sikap tanggungjawab tergolong Cukup Baik-Baik (CB-B).