Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan. Pada pembelajaran menulis karangan eksposisi guru kurang bervariasi menggunakan teknik karena guru masih sering menggunakan metode ceramah. Kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Sijunjung masih rendah karena siswa kurang memahami tentang menulis karangan eksposisi. Siswa selalu mengatakan bahwa menulis karangan eksposisi membosankan dan sulit. Siswa selalu mengalami kesulitan dalam memulai menulis karangan eksposisi, karena kurangnya kosakata yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 3 Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Sijunjung yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes berupa unjuk kerja yang digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sijunjung. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 3 Sijunjung dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 3 Sijunjung memperoleh rata-rata hitung (M) 74,30 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut ini. Aspek 1 (memberikan pengertian dan pengetahuan) dengan rata-rata 100 berada pada rentangan 96-100% dengan kualifikasi sempurna (S). Aspek 2 (menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, dan bagaimana) dengan rata-rata 79,16 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi baik (B). Aspek 3 (disampaikan dengan lugas dan bahasa baku) dengan rata-rata 43,05 berada pada rentangan 36-45% dengan kualifikasi kurang (K). Aspek 4 (tidak memihak dan tidak memaksa sikap pembaca terhadap penulis) dengan rata-rata 75 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC).