Efektivitas Penggunaan Teknik Menjawab Pertanyaan dalam Pembelajaran Kemampuan Memahami Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Main Author: Eti, Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7716/2/11080118%20ETI%20MARIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7716/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7716/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7716/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7716/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah motivasi dari diri siswa kurang, siswa kurang berminat dalam pembelajaran bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran memahami teks deskripsi. Guru belum pernah menerapkan teknik menjawab pertanyaan dalam pembelajaran memahami teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan teknik menjawab pertanyaan terhadap pembelajaran kemampuan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, karena data dalam penelitian ini dinyatakan dalam angka, mulai dari pengumpulan data hingga penampilan hasilnya dan dianalisis dengan teknik statistik. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen (quasi eksperimental design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 264 siswa, yang terdiri dari 8 kelas. Masing-masing kelas terdiri 33 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas adalah kelas yang dipilih untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas adalah kelas yang dipilih untuk dijadikan kelas kontrol yang jumlah siswanya 33 orang siswa. Data penelitian berupa hasil belajar siswa dalam pembelajaran memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut ini. (1) Kemampuan memahami teks deskripasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang tanpa menggunakan teknik menjawab pertanyaan diperoleh rata-rata 66,33 (kelas kontrol) dengan klasifikasi lebih dari cukup (LDC) berada pada rentangan 66-75%. (2) Kemampuan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan memperoleh rata-rata kelas 78,45 (kelas eksperimen) dengan klasifikasi baik (B) berada pada rentangan 76-85%. (3) Terdapat efektivitas penggunaan teknik menjawab pertanyaan terhadap pembelajaran kemampuan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang, dengan hipotesis penelitian