Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA N 8 Sijunjung dengan Menggunakan Teknik Kerangka Karangan
Main Author: | Nivani, Dwiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7699/4/11080018%20NIVANI%20DWIANA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7699/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7699/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7699/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7699/ |
Daftar Isi:
- Pengajaran keterampilan menulis di sekolah dapat melatih siswa menjadi kreatif dalam menulis, salah satu tulisan yang dapat mengukur pola berpikir siswa adalah menulis argumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah berikut ini. Pertama, siswa masih kurang paham dengan karangan argumentasi. Kedua, siswa kurang bisa membedakan karangan argumentasi dengan karangan lainnya. Ketiga, nilai siswa masih kurang dari Standart Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM). Keempat, kurangnya buku panduan menulis yang tersedia di sekolah. Kelima, guru kurang bervariasi dalam menggunakan teknik pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 8 Sijunjung dengan Menggunakan Teknik Kerangka Karangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 8 Sijunjung yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Jumlah siswa kelas X tersebut berjumlah 56 siswa yang tersebar dalam dua kelas. Jumlah siwa kurang dari 100, maka peneliti mengambil semua populasi untuk dijadikan sampel. Teknik penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut. (1) mengoreksi hasil tulisan siswa, (2) mengolah skor menjadi nilai, (3) mengklasifikasikan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa, (4) mencari rata-rata hitung, (5) membahas hasil analisis data, dan (6) menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 8 Sijunjung dengan menggunakan teknik kerang karangan memperoleh nilai rata-rata 76,19 dan berada pada kualifikasi Baik (B).Untuk indikator I (Berpikir kritis dan logis) dengan nilai rata-rata 88,69 dengan kualifikasi Baik Sekali (BS). Dilihat dari indikator 2 (Meyakinkan pembaca dengan fakta) dengan nilai rata-rata 75 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Untuk indikator 3 (Menyimpulkan data berdasarkan uraian sebelumnya) dengan nilai rata-rata 64,28 dengan kualifikasi Cukup (C). Kata Kunci: Karangan Argumentasi, Kerangka Karangan.