Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masalah seperti berikut, siswa tidak memiliki pengetahuan tentang menulis pantun., siswa tidak memiliki motivasi dalam menulis pantun., siswa beranggapan belajar menulis pantun merupakan materi yang membosankan., siswa merasa sulit untuk memulai menulis dan merangkai kata demi kata., siswa kurang kreatif dalam menulis pantun karena kurang latihan yang mengakibatkan rendahnya kemampuan menulis pantun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang yang terdiri dari kelas VII.1 sampai VII.8. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, yaitu penarikan sampel secara acak berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara memberikan tes. Tes yang dimaksud adalah tes menulis pantun ditinjau dari segi persajakan pantun, jumlah suku kata dan sampiran dan isi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence tergolong Baik Sekali (rata-rata hitungnya 86,11 berada pada rentangan 86-95%). Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan hasil perindikator yaitu indikator persajakan, jumlah suku kata dan sampiran dan isi sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence untuk indikator persajakan pantun tergolong Baik (rata-rata hitungnya 82,34 berada pada rentangan 76-85%). Kedua, kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence untuk indikator jumlah suku kata tergolong baik (rata-rata hitungnya 84,34 berada pada rentangan 76-85%). Ketiga, kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence untuk indikator sampiran dan isi tergolong Baik Sekali (rata-rata hitungnya 91,75 berada pada rentangan 86-95%).