Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pasaman

Main Author: Mela Putri, Rahmadona
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/768/1/13090029%20MELA%20PUTRI%20RAHMADONA%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/768/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/768/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/768/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/768/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPS SMA N 2 Pasaman, 2) Gaya belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPS SMA N 2 Pasaman, 3) pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPS SMA N 2 Pasaman, 4) disiplin belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPS SMA N 2 Pasaman,5) kecerdasan emosional, gaya belajar, pola asuh orang tua dan disiplin belajar berpengaruh secara bersama –sama terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPS SMA N 2 Pasaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif dan induktif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 2 pasaman yang berjumlah 92. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. dan Eviews. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pasaman. Hal ini dapat dilihat pada tabel yang menyatakan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,307 dan nilai thitung sebesar 4,512 > ttabel sebesar 1,66320, sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05, 2) Gaya Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pasaman. Hal ini dapat dilihat pada tabel yang menyatakan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,216 dan nilai thitung sebesar 3,759 > ttabel sebesar 1,66320, sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05, 3) Pola Asuh Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pasaman. Hal ini dapat dilihat pada tabel yang menyatakan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,363 dan nilai thitung sebesar 5,494 > ttabel sebesar 1,66320, sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05, 4) Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pasaman. Hal ini dapat dilihat pada tabel yang menyatakan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,353 dan nilai thitung sebesar 6,140 > ttabel sebesar 1,66320, sedangkan nilai signifikan 0,000 < α 0,05, 5) kecerdasan emosional, gaya belajar, pola asuh orang tua dan disiplin belajar. secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pasaman. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai Fhitung 37,886 > Ftabel 2,47 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan kepada guru untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa maka siswa harus meningkatkan kecerdasan emosional, gaya belajar, pola asuh orang tua dan disiplin belajar sehingga akan mencapai hasil belajar yang baik.