Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca dan siswa beranggapan bahwa pelajaran membaca merupakan hal yang membosankan, siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide-ide atau gagasan pokok dari sebuah bacaan, penggunaan teknik dalam membaca kurang diterapkan, siswa kurang diberi latihan dalam pembelajaran membaca, dan siswa tidak mempunyai waktu untuk berlatih keterampilan membaca pemahaman secara intensif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang yang diambil secara acak (random sampling) yaitu sebanyak 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil membaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang sebagai berikut;(1) kemampuan memabaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang untuk indikator kesesuaian isi tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 92,70 berada pada rentangan 86-95%, (2) kemampuan memabaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang untuk indikator kepadatan isi tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 66,66 berada pada rentangan 66-75%, (3) kemampuan membaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang untuk indikator Penggunaan Bahasa tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 90,62 berada pada rentangan 86-95%, (4) kemampuan membaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang untuk indikator jumlah kata tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 67,71 berada pada rentangan 66-75 Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan memabaca pemahaman dengan teknik meringkas bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang tergolong baik (B) dengan rata-rata 79,42 berada pada rentangan 76-85%.