Strategi Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Pasar Raya Tapan di Kenagarian Batang Betung Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Litmurnita, Litmurnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7664/2/11030051%20LITMURNITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7664/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7664/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7664/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7664/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mendapatkan, menganalisis dan membahas data data tentang strategi pengelolaan kebersihan lingkungan pasar raya Tapan di Kanagarian Batang Betung Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan, dari segi: 1) strategi pengaturan pasar dalam pengelolaan lingkungan pasar, 2) strategi petugas kebersihan dalam pengelolaan lingkungan pasar dan, 3) strategi pengelolaan tempat pembuangan sampah lingkungan pasar raya Tapan di Kenagarian Batang Betung Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu berusaha mengungkapkan strategi pengelolaan kebersihan lingkungan pasar raya Tapan di Kenagarian Batang Betung Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Informan penelitian diambil secara Snowball Sampling. Snowball Sampling dimulai dengan menetapkan informan kunci (key informants), yang menjadi informan kunci adalah Camat, Wali Nagari dan petugas kebersihan Pasar Raya Tapan Kanagarian Batang Betung Kecamaatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan dan informan pendukung diambil dari pedagang di Pasar Raya Tapan. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengaturan pasar ditemukan masalah diantaranya pengaturan pedagang yang kurang teratur, keamanan pasar, sampah menumpuk. Strategi pengaturan pasar adalah pengaturan tempat berdagang dengan menempatkan pedagang sejenis dalam baris/los yang sama, pengaturan parkir yang lebih ketat, pengaturan keamanan untuk menjamin kenyamanan pengunjung dan menyediakan tong sampah di berbagai sudut pasar, 2) Petugas kebersihan pasar masalah yaitu kurangnya tenaga kebersihan dan strategi yang didapatkan adalah menambah jumlah tenaga kebersihan pasar sehingga beban kerja petugas kebersihan berkurang dan dapat membersihkan seluruh bagian pasar dan 3) Pengelolaan tempat pembuangan sampah lingkungan pasar masalah yaitu kurangnya kesadaran pedagang pasar menjaga kebersihan pasar dimana sampah dibiarkan berserakan. Strategi yang dapat diterapkan dalam pengelolaan tempat pembuangan sampah lingkungan pasar menyediakan tempat sampah sementara bagi pedagang sehingga petugas kebersihan mudah mengumpulkan sampah pasar