Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 1 Rao, Kabupaten Pasaman
Main Author: | Ismawita, Rianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/766/1/13090031%20ISMAWITA%20RIANTI%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/766/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/766/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/766/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/766/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh gaya belajar terhadap kemandirian belajar siswa, 2) Pengaruh kreativitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa, 3) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa, 4) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa 5) Pengaruh gaya belajar, kreativitas belajar, kecerdasan emosional dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Rao, Kabupaten Pasaman, berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,037. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,122> ttabel 1,663, 2) Kreativitas belajar berpegaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,005. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,905 > ttabel 1,663, 3) Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,007. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,763 > ttabel 1,663, 4) Pola Auh Orang Tua berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,000. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,261 > ttabel 1,663, 5) Gaya belajar, kreativitas belajar kecerdasan emosional, dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas,yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung 13,800 > Ftabel 3,10 dan nilai signifikan 0,000 > a=0,05. Artinya semakin baik gaya belajar, kreativitas belajar, kecerdasan emosional dan pola asuh orang tuar maka kemandirian belajar siswa akan semakin baik. Besarnya pengaruh gaya belajar, kreativitas belajar, kecerdasan emosional, dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa yaitu 39,40% dan sisanya 60,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada siswa untuk lebih meningkatkan gaya belajarnya. Lebih meningkatkan kreativitas belajarnya. Meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Serta disarankan juga kepada orang tua untuk meningkatkan pola asuh terhadap anaknya untuk meningkatkan belajar anaknya kearah yang lebih baik.