Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif disertai Dreadlines Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPN 9 Padang
Main Author: | Yuni, Hardianty Hamzon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/765/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/765/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/765/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/765/4/13050056%20YUNI%20HARDIANTY%20HAMZON.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/765/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa suka mengulur waktu untuk mengerjakan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif disertai Dreadlines lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMPN 9 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 9 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan kelas IX2 sebagai kelas eksperimen dan IX3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir berupa esai dengan reliabilitas tes adalah 0,884, sedangkan ttabel adalah 0,349 maka soal tes reliabel. Tes diberikan pada akhir pertemuan di kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,77 lebih besar dari ttabel = 1,67 atau . Dengan demikian hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif disertai Dreadlines lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMPN 9 Padang.