Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi tiga hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Kedua, kurangnya minat siswa terhadap membaca pemahaman. Ketiga, strategi yang digunakan untuk membaca pemahaman oleh guru kurang menarik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R siswa kelas VII MTsN Durian Taruang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Tes yang digunakan adalah tes objektif. Tes objektif digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan cara persentase acak (proposional sampling), pengambilan sampel berdasarkankan jumlah proporsi perkelas. Penelitian ini diambil 20% dari 203 siswa sebagai sampel yaitu 40 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan tingkat keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang berdasarkan indikator mencari ide pokok tergolong cukup dengan nilai rata-rata 58,75 yang berada pada rentangan 56-65%. Kedua, keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang berdasarkan indikator pemahaman isi tergolong baik dengan nilai rata-rata 82,4 yang berada pada rentangan 76-85%. Ketiga, keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang berdasarkan indikator keseluruhan tergolong baik dengan nilai rata-rata 79,175 yang berada pada rentangan 76-85%.