Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 IV Koto Aur Malintang
Main Author: | Iqbal, Yendri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/764/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/764/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/764/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/764/4/13050049%20IQBAL%20YENDRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/764/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang berani bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru, siswa terkadang lupa materi yang telah dipelajari sebelumnya, dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 3 IV Koto Aur Malintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 IV Koto Aur Malintang tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel secara acak yaitu lotting, lot yang keluar pertama yaitu kelas VIII.2 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan lot yang keluar kedua yaitu kelas VIII.1 dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang diberikan adalah esai dengan r11 = 0,9211. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 73,83 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 63,17. Dari hasil uji statistik t diperoleh thitung = 1,838 dan ttabel = 1,686, sehinga thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 3 IV Koto Aur Malintang.