Kemampuan Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang
Main Author: | Elfa, Sahida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7639/4/11080101%20ELFA%20SAHIDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7639/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7639/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7639/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7639/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen masih rendah, siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide-ide yang telah ada, minat siswa dalam menulis masih rendah, siswa kurang memahami konsep tentang menulis teks cerpen secara terstruktur, penyajian materi, teknik maupun model dalam pembelajaran tidak bervariasi. Permasalahan yang dibahas bagaimanakah kemampuan menulis teks cerpen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 267 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik acak (proportional random sampling), yaitu penarikan sampel berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. Berdasarkan pembahasan dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang, tergolong Baik Sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 90,37 pada rentangan 86—95%. Berikut penjelasan tentang masing-masing indikator. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen siswa untuk indikator 1 (orientasi) tergolong Baik Sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 87,6. Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa untuk indikator 2 (komplikasi) tergolong Baik Sekali (BS) dengan rata-rata kemampuan siswa 89,27. Ketiga, kemampuan menulis teks cerpen siswa untuk indikator 3 (resolusi) tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 94,15. Keempat, sikap siswa dalam menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk aspek 1 (santun) termasuk dalam kriteria Cukup Baik-Baik (CB−B), aspek 2 (jujur) dalam kriteria Cukup Baik- Baik (CB−B), dan aspek 3 (tanggungjawab) dalam kriteria Baik (B).