Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Berbantuan Media Visual Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Nesa, Yunisti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7635/3/11080095%20NESA%20YUNISTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7635/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7635/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7635/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7635/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masalah sebagai berikut. Pertama, siswa kesulitan menulis paragraf argumentasi. Kedua, siswa masih ragu mengungkapkan idenya ketika menulis paragraf argumentasi. Ketiga, media yang digunakan guru kurang bervariasi dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 272 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan yang diambil dengan cara pengambilan berdasarkan proporsi (proportional random sampling) yaitu sebanyak 32 orang. Data dalam penelitian ini berupa hasil atau skor keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan untuk indikator mengajak dan meyakinkan pembaca tergolong hampir cukup (HC) dengan rata-rata 47,91 berada pada rentangan 46-55% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan untuk indikator membuktikan kebenaran tergolong lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 66,67 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Ketiga, keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan untuk indikator mengubah pendapat pembaca tergolong cukup (C) dengan rata-rata 61,46 berada pada rentangan 56-65% pada skala 10. Keempat, keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan untuk indikator terdapat fakta-fakta dan penguatan tergolong hampir cukup (HC) dengan rata-rata 53,12 berada pada rentangan 46-55% pada skala 10. Kelima, keterampilan menulis paragraf argumentasi berbantuan media visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan untuk gabungan keempat indikator tergolong cukup (C) dengan rata-rata 57,29 berada pada rentangan 56-65% pada skala 10