Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Model Picture and Picture Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Padang
Main Author: | Wila, Murdianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7576/1/11080051%20WILA%20MURDIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7576/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7576/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7576/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7576/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh empat hal berikut. Pertama, saat ditugaskan untuk menulis teks prosedur kompleks, terutama dalam menulis kalimat imperatif siswa memindahkan penggunaan kosakata ragam lisan ke ragam tulis. Kedua, siswa sulit mengembangkan ide dan gagasannya dalam menulis teks prosedur kompleks. Ketiga, saat menulis teks prosedur kompleks siswa kurang menguasai ejaan, tanda baca dan kosa kata. Keempat, tidak adanya variasi teknik atau model pembelajaran yang kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model picture and picture siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak sederhana (simple random sampling), yaitu sebuah sampel acak sederhana berukuran n dari populasi terbatas berukuran N adalah sampel yang dipilih sedemikian rupa sehingga setiap kemungkinan sampel berukuran n memiliki probabilitas yang sama untuk terpilih. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 4 Padang yang terdaftar pada tahun 2014/2015 berjumlah 330 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja. Hasil analisis data berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Model Picture And Picture Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Padang dari segi struktur dan kaidah kebahasaan berada pada kualifikasi baik sekali (BS) dengan nilai rata-rata 89,61 berada pada rentangan 86-95%. Dari hasil yang diperoleh siswa berdasarkan indikator 1 (judul) diperoleh mean (M) 86,36 berada pada kualifikasi baik sekali (BS). Pada indikator 2 (tujuan) diperoleh mean (M) 92,42 berada pada kualifikasi baik sekali (BS). Indikator 3 (rincian langkah) diperoleh mean (M) 80,32 berada pada kualifikasi baik (B). Indikator 4 (penutup) diperoleh mean (M) 84,85 berada pada kualifikasi baik (B). Indikator 5 (kalimat imperatif) diperoleh mean (M) 100 berada pada kualifikasi sempurna (S). Indikator 6 (konjungsi) diperoleh mean (M) 93,94 berada pada kualifikasi baik sekali (BS).