Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Teknik Kerangka Tulisan siswa kelas X SMAN 9 Solok Selatan

Main Author: Masra, Doni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7535/2/10080348%20MASRA%20DONI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7535/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7535/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7535/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7535/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Teknik Kerangka Tulisan Siswa Kelas X SMAN 9 Solok Selatan. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan teknik kerangka tulisa siswa kelas X SMAN 9 Solok Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Solok Selatan tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri 9 lokal, setiap lokal terdiri 31-32 orang siswa, jumlah keseluruhannya 287 orang siswa. Jadi sampel yang di ambil sebanyak 27 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini teknik kerangka tulisan, Data adalah skor yang dimiliki siswa. Menulis karangan narasi sugestif. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) keterampilan siswa dalam menyampaikan makna atau amanat yang tersirat, (2) keterampilan siswa dalam menimbulkan daya khayal dengan nilai rata-rata (Mean) 90.83 pada rentangan 86- 95% berada pada baik sekali, (3) keterampilan dalam penalaran hanya sebagai alat untuk menyampaikan makna dengan nilai rata-rata (Mean) 81.66 pada rentangan 76-85% berada pada kualfikasi baik sekali, (4) keterampilan bahasa dalam menggunakan bahasa yang figuratif (Mean) 90.83 pada rentangan 86-95% berada pada kualifikasi baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bawah keterampilan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan teknik kerangka tulisan siswa kelas X SMAN 9 Solok Selatan memperoleh nilai 90.83 berada pada kualifikasi “Baik sekali”