Hubungan Keterampilan Memahami Cerpen dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan
Main Author: | Dola, Hidayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7526/4/10080256%20DOLA%20HIDAYATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7526/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7526/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7526/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7526/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis cerpen karena tidak memahami unsur-unsur pembangun cerpen, (2) siswa masih kesulitan mengembangkan ide kedalam sebuah tulisan, (3) siswa masih kesulitan menggambarkan alur, penokohan, latar dalam sebuah cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keterampilan memahami cerpen, (2) keterampilan menulis cerpen, dan (3) hubungan keterampilan memahami cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan yang terdatar pada tahun ajaran 2014/2015, sebanyak 204 orang yang tersebar dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu propotional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang diambil sebanyak 15% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa tes keterampilan memahami cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan hasil tes objektif dan tes unjuk kerja kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam memahami cerpen dan menulis cerpen. Hasil penelitian ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan memahami cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan berada pada kualifikasi baik (B) dengan tingkat penguasaan 76-85% dengan rata-rata 82,44. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan berada pada kualifikasi baik sekali(BS) dengan tingkat penguasaan 85-95% dengan nilai rat-rata 82,44. Ketiga, terdapat hubungan yanag signifikan antara keterampilan memahami cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan karena nilai thitung (1,54) lebih besar dari ttabel (0,367) pada derajat kebebasan n-1 (29) dan taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat hubungan yang berarti antara keterampilan memahami cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan.