Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya mutu pendidikan di SMA N 1 Tigo Lurah Kabupaten Solok. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMA N 1 Tigo Lurah Kabupaten Solok, namun prestasi dalam bidang pendidikan yang telah dicapai belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini dikarenakan siswa tidak mengikuti pembelajaran di saat jam pembelajaran berlangsung dengan keterangan terlambat, malas, mengantuk dan lain sebagainya. Selain itu keterbatasan sarana pendukung pembelajaran seperti media belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Tigo Lurah Kabupaten Solok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kognitif oleh Bruner. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 19 orang informan dengan Teknik Purposive Sampling artinya pemilihan informan berdasarkan kriteria-kriteia tertentu. Jenis data yang digunakan penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan model interaktif dari Miles dan Huberman (1) pengumpulan data, (2) preduksi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Tigo Lurah Kabupaten Solok yaitu: 1) faktor pendidik, 2) faktor peserta didik, 3) faktor sarana dan prasarana, 4) faktor lingkungan.