Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA N 1 Sitiung dengan Menggunakan Teknik Kerangka Tulisan
Main Author: | Nova, Susanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7518/1/10080241%20NOVA%20SUSANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7518/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7518/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7518/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7518/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah sebagai berikut. Siswa sulit dalam mengembangkan ide, gagasan dan pikiran ke dalam bentuk karangan. Siswa belum mampu menghasilkan tulisan argumentasi yang dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca. Siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Sitiung dengan menggunakan teknik kerangka tulisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sitiung tahun ajaran 2014/2015. Jumlah siswa 240 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik (purposive sampling) peneliti memiliki pertimbangan tertentu dalam memilih sampel, yaitu kelas X5 sebanyak 30 orang siswa. Data penelitian berupa hasil menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Sitiung dengan menggunakan teknik kerangka tulisan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal berikut. Kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Sitiung dengan menggunakan teknik kerangka tulisan dengan tingkat penguasaan siswa tergolong lebih dari cukup (LdC) yaitu 70,55% berada pada rentangan 66-75%. Uraiannya sebagai berikut. (1) kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Sitiung dengan menggunakan teknik kerangka tulisan untuk indikator 1 (hasil pemikiran yang logis) tergolong baik sekali (BS) dengan mean 86,66 terdapat pada rentangan 86-95%. (2) kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Sitiung dengan menggunakan teknik kerangka tulisan untik indikator 2 (menampilkan fakta sebagai pembuktian) tergolong baik (B) dengan mean 76,66 terdapat pada rentangan 76-85%. (3) kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 1 Sitiung dengan menggunakan teknik kerangka tulisan untuk indikator 3 (meyakinkan pembaca) tergolong cukup (C) dengan mean 62,22 terdapat pada rentangan 56-65%. Pada indikator 4 (mengubah pendapat pembaca) tergolong cukup (C) dengan mean 56,66 terdapat pada rentangan 56 -65 %.