Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Padang dengan Menggunakan Teknik Menyelesaikan Cerita
Main Author: | Imma, Luthfiani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7514/3/10080220%20IMMA%20LUTHFIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7514/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7514/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7514/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7514/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, (1) siswa kurang mampu mengembangkan struktur teks. (2) siswa kurang mampu menggunakan ciri kebahasaan. (3) teknik yang digunakan guru kurang bervariasi dan guru kurang mampu memotivasi siswa untuk menimbulkan ide kreatif dalam menulis teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 33 Padang meliputi struktur teks yang terdiri dari orientasi, komplikasi, resolusi dan ciri kebahasaan meliputi kata sifat (tokoh), kata keterangan latar, waktu dan tempat, kata kerja peristiwa pelaku (alur) dan kata ganti orang (sudut pandang) dengan teknik menyelesaikan cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini siswa kelas VII.2 SMP N 33 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini memiliki variabel tunggal yakni keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang dengan menggunakan teknik menyelesaikan cerita. Instrumen yang digunakan adalah teks unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 33 Padang dengan menggunakan teknik menyelesaikan cerita untuk ketiga indikator tergolong baik sekali (BS) dengan tingkat penguasaan (86-95%) dengan nilai rata-rata (M) 87,28. Hal tersebut dapat dilihat sebagai berikut. (1) keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 33 padang dengan menggunakan teknik menyelesaikan cerita untuk indikator 1 (orientasi) tergolong baik sekali (86-95%). (2) keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 33 padang dengan menggunakan teknik menyelesaikan cerita untuk indikator 2 (komplikasi) tergolong baik (76-85%). (3) keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 33 padang dengan menggunakan teknik menyelesaikan cerita untuk indikator 3 (resolusi) tergolong baik (76-85%).