Pengawasan Guru Dalam Proses Belajar Terhadap Perilaku Anak di Kelas (Kasus: SMA Negeri 2 Bayang Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan)
Main Author: | Melia, Fina Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/751/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/751/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/751/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/751/4/13070085%20MELIA%20FINA%20SARI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/751/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dari pembelajaran di sekolah yang sedang dalam proses belajar anak masih rendah sehingga anak malas mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskrisikan pengawasan guru dalam proses belajar terhadap perilaku anak di kelas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Behaviorisme yang dikemukakan oleh B.F Skinner. Teori ini memandang perilaku manusia merupakan akibat dari perbuatan sebelumnya. Behaviorisme melihat belajar adalah perubahan tingkah laku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah informan 12 orang. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menerapkan model teknik analisis data Miles dan Huberman .. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan guru dalam proses pembelajaran siswa terhadap perilaku anak di kelas yaitu: 1) memberikan sanksi dan teguran kepada siswa, 2) bersikap tegas dan disiplin terhadap anak, 3) memberikan motivasi kepada anak dengan sikap dan contoh yang baik, dan 4 ) memberikan arahan kepada siswa dalam belajar.