Pengaruh Strategi Pembelajaran Koopertif Tipe Take and Give terhadap Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas X-9 SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Rosmaini, Rosmaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7505/1/10080159%20ROSMAINI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7505/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7505/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7505/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7505/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah (1) siswa masih kurang tertarik dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik cerpen, (2) kurangnya minat siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerpen, (3) siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema, latar, alaur, penokohan, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat, dan (4) kurangnya media yang digunakan guru kepada siswa untuk menentukan unsur intrinsik cerpen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas X SMA N 12 Padang sebelum menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe take and give, (2) mendeskripsikan kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas X SMA N 12 Padang sesudah menggunakan strategi take and give, dan (3) mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra-eksperimental. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 29 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja menentukan unsur intrinsik cerpen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: Pertama, kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen sebelum menggunakan strategi take and give siswa kelas X-9 SMAN 12 Padang memperoleh rata-rata 56,62 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup. Kedua, kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen setelah menggunakan strategi take and give siswa kelas X-9 SMAN 12 Padang memperoleh rata-rata sebesar 84,83 berada pada rentangan 86-95% berkualifikasi baik sekali. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan strategi take and give terhadap kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas X-9 SMAN 12 Padang dengan uji thitung > ttabel = 0,6345 > 2,00. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan stategi take and give terhadap kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas X-9 SMAN 12 Padang