Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan berikut ini. Pertama, minat siswa dalam keterampilan menulis paragraf eksposisi masih rendah. Kedua siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide atau hasil pemikiran ke dalam bentuk bahasa tulis, khususnya dalam menulis paragraf eksposisi. Ketiga, siswa hanya dibekali dengan Lembar Kerja Siswa dan masih menggunakan metode ceramah. Kempat, guru kurang kreatif dalam menggunakan teknik pembelajaran menulis, khususnya menulis paragraf eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Berbantuan Media Bagan Pohon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan berbantuan media bagan pohon. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan yang berjumlah 258 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan yang berjumlah 32 Siswa. Teknik pengambilan sampel proposional random sampling, yaitu teknik presentase secara acak yaitu, penarikan sampel berdasarkan pada jumlah siswa per kelas. Berdasarkan pembahasan dan analisis data yang telah dilakukan mengenai keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan berbantuan media bagan pohon dapat diketahui sebagai berikut ini. Pertama, untuk indikator 1 (pengertian dan pengetahuan) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata keterampilan siswa 89. 96 berada pada rentangan 86-95%. Kedua, untuk indikator 2 (menjawab pertanyanan apa, mengapa, kapan, dan bagaimana) tergolong sempurna (S), dengan rata-rata keterampilan siswa 100 berada pada rentangan 96-100%. Ketiga, untuk indikator 3 (disampaikan secara lugas dengan bahasa baku), tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata keterampilan siswa 66.81 berada pada rentangan 66-76%. Keempat, untuk indikator 4 (menggunakan nada netral, tidak memihak dan tidak memaksa sikap penulis terhadap pembaca), tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata keterampilan siswa 94. 79 berada pada rentangan 86-95%. Kelima, Untuk gabungan keempat indikator tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata keterampilan siswa 89. 96 berada pada rentangan 86-95%.