Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Metode Image Streaming Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas
Main Author: | Deri, Jameria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7499/1/10080103%20DERI%20JAMERIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7499/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7499/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7499/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7499/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat alasan. Pertama, guru menyampaikan materi dengan cara ceramah yang menyebabkan siswa pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Kedua, media untuk pembelajaran menulis karangan narasi relatif kurang, hanya berupa koran dan contoh yang ditulis oleh guru. Ketiga, siswa kurang konsentrasi dalam mengerjakan tugas karena siswa tidak mengerti bagaimana cara memulai menulis karangan narasi. Keempat, siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran menulis karangan narasi karena sering kekurangan ide-ide dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan metode image streaming siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA negeri 2 Batang Kapas tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 178 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik proposional random sampling berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa skor kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan metode image streaming siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan metode image streaming siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas, dilihat dari aspek 1 (alur) tergolong baik sekali (BS), karena meannya berada pada penguasaan 86-95% dengan rata-rata hitung 94,44. Untuk aspek 2, (latar) baik (B), karena meannya berada pada penguasaan 76-85% dengan rata-rata hitung 84,26. Untuk aspek 3 (tokoh) tergolong kurang sekali (KS), karena meannya berada pada penguasaan 26-35% dengan rata-rata hitung 33,33. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan metode Image streaming secara keseluruhan tergolong lebih dari cukup (LDC) karena meannya berada pada penguasaan 66-75% dengan rata-rata hitung70,07.