Kemampuan Meringkas Teks Cerita Fabel dengan Menggunakan Teknik Latihan Terbimbing Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang
Main Author: | Mega, Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7496/4/10080074%20MEGA%20DIANA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7496/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7496/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7496/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7496/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tentang teks cerita fabel kurang diminati karena keterampilan meringkas ini dianggap sulit bagi sisiwa, kurangnya pengetahuan siswa tentang fabel, ciri-ciri fabel, dan konsep/ teknik menulis ringkasan dan kurangnya kemampuan siswa memahami struktur teks cerita fabel sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam meringkas teks cerita fable tersebut.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa meringkas teks cerita fabel dengan menggunakan teknik latihan terbimbing siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 155 orang yang tersebar dalam lima kelas yang terdaftar tahun 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian siswa kelas VIII sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini adalah skor kemampuan siswa meringkas teks cerita fabel dengan menggunakan teknik latihan terbimbing. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan siswa meringkas teks cerita fabel dengan menggunakan teknik latihan terbimbing siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang secara keseluruhan tergolong Baik Sekali dengan rata-rata penguasaan siswa 71 berada pada rentangan 66%-75% pada skala 10. Berikut akan dijabarkan kemampuan siswa meringkas teks cerita fabel dengan menggunakan teknik latihan terbimbing siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang untuk kelima indikator. Pertama, kemampuan siswa meringkas teks fabel untuk indikator kesesuaian isi (ide utama) tergolong Cukup (C), dengan rata-rata penguasaan siswa 62 berada pada rentangan 56-65%. Kedua, kemampuan siswa meringkas teks fabel untuk indikator panjang ringkasan secara lengkap tergolong Cukup (C), dengan rata-rata penguasaan siswa 60 berada pada rentangan 56-65%. Ketiga, kemampuan siswa meringkas teks fabel untuk indikator alur tergolong Lebih dari Cukup (LdC), dengan rata-rata penguasaan sebesar 68 berada pada rentangan 66-75%. Keempat, kemampuan siswa meringkas teks fabel untuk indikator latar tergolong Sempurna (S) dengan rata-rata penguasaan sebesar 97 berada pada rentangan 90-100%. Kelima, kemampuan siswa meringkas teks fabel untuk indikator keruntutan struktur tergolong Cukup (C), dengan rata-rata penguasaan sebesar 71 berada pada rentangan 66-75%