Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu kurang termotivasinya siswa mengikuti pelajaran menulis karangan narasi, Siswa kurang termotivasi mengukuti pelajaran menulis karangan, Siswa mengalami kesulitan dalam mengubah wawancara menjadi karangan narasi ekspositoris, Siswa mudah bosan dalam belajar.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawancara siswa kelas X SMA PGRI 2 Padang. Kajian teori yang digunakan adalah (1) hikat menulis, (2) narasi, (3) narasi ekspositoris, (4) media teks wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini berjumlah 34 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purpossive sample dilakukan dengan mengambil sampel bukan didasarkan atas strata, random, atau daerah, tetapi didasarkan atas tujuan tertentu dalam pengambilan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawancara siswa kelas X SMA PGRI 2 Padang, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris berdasarkan teks wawancara diperoleh nilai rata-rata sebesar 79, 32dan berada pada kwalifikasi baik pada nilai rentangan skala 10 yaitu 76-85%. (1) Memperluas pengetahuan mengambarkan perluasan pengetahuan tergolong lebih dari cukup (Ldc) karena rata-rata hitung siswa sebesar 70,17 berada pada rentangan antara 66-75% pada skala 10. (2) Mengambarkan menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian tergolong baik sekali (Bs) karena rata-rata hitung siswa sebesar 92 berada dengan rentangan skor 86-95% pada skala 10. (3) Didasarkan kepada penalaran untuk mencapai kesepakatan rasionaltergolong (Baik sekali) karena rata-rata hitung siswa sebesar 86 berada pada rentangan skor 86-95% pada skala 10. (4) Bahasanya lebih cendrung informatif dengan menitikberatkan pada penggunaan kata-kata denotatif tergolong kurang (sempurna ) karena rata-rata hitung siswa sebesar 100 karena berada pada rentangan skor 96-100% pada skala 10. Kata Kunci : karangan narasi ekspositoris, teks wawancara