Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Kuranji Padang

Main Author: Efrianila, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7479/1/12010053%20EFRIANILA%20FITRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7479/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7479/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7479/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7479/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran kelas VIII di MTsN Kuranji Padang masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam belajar biologi. Sumber belajar yang digunakan berupa buku paket, masih kurang maksimal untuk dijadikan media pada materi ekskresi sehingga pada materi ini nilai siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 76. Interaksi siswa dengan guru dan sesama siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, dalam proses pembelajaran guru dituntut kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat, khususnya pada materi sistem ekskresi karena materi ini siswa dituntut untuk memahami struktur dan fungsi dari organ ekskresi pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation disertai media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTsN Kuranji Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII6 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung>Ttabel yaitu 1.96>1.67 maka hipotesis diterima. Hasil penelitian diperoleh data penilaian sikap kelas eksperimen adalah (3.60) sedangkan kelas kontrol (3.20). Penilaian pengetahuan kelas eksperimen dengan rata-rata (3.27) sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata (3.09). Penilaian keterampilan kelas eksperimen adalah (3.94) sedangkan kelas kontrol (3.93). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang.