Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Potensi Diri,Efikasi Diri, Dukungan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMA N 6 Padang
Main Author: | Meilla, Sarlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7472/2/14090233%20MEILLA%20SARLINA%20%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7472/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7472/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7472/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7472/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 2) pengaruh potensi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 3) pengaruh efiksi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 4) pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 5) pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 6) pengaruh potensi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 7) pengaruh efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 8) pengaruh dukungan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. 9) pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA N 6 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama pendapatan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar , dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,188 dan thitung 2,380 > ttabel 1,66159. Kedua potensi diri signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,226 dan thitung 2,524 > ttabel 1,66159. Ketiga efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,284 dan thitung 2,839 > ttabel 1,66159. Keempat dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,261 dan thitung 3,074 > ttabel 1,66159. Kelima pendapatan orang tua berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,175 dan thitung 2,455 > ttabel 1,66159. Keenam potensi diri signifikan berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,214 dan thitung 2,645 > ttabel 1,66159. Ketujuh efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,218 dan thitung 2,390 > ttabel 1,66159. Kedelapan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,196 dan thitung 2,504 > ttabel 1,66159. Kesembilan prestasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,230 dan thitung 2,528 > ttabel 1,66159