Pengaruh Celebrity Endorser, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Merek Clear di Kabupaten Dharmasraya (Studi Kasus Jorong Padang Bintungan Kecamatan Koto Baru)

Main Author: Vegita Eka, Revyda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/747/1/13090038%20VEGITA%20EKA%20REVYDA%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/747/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/747/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/747/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/747/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian. 3) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. 4) pengaruh kepercayaa merek terhadap keputusan pembelian. 5) pengaruh celebrity endorser, persepsi harga, kualitas produk, dan kepercayaan merek secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah masyarakat jorong Padang Bintungan Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya yang menggunakan shampo Clear. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dengan teknik analisis deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,290. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,705 > ttabel sebesar 1,98. (2) persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,502. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,542 > ttabel sebesar 1,98. (3) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,261. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,177 > ttabel sebesar 1,98. (4) kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,169. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,243 > ttabel sebesar 1,98. (5) celebrity endorser, persepsi harga, kualitas produk, dan kepercayaan merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana diperoleh nilai Fhitung 80,812 > Ftabel 2,47. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) kepada perusahaan, hendaknya melakukan evaluasi secara periodik mengenai karisma seorang endorser dalam iklan shampo merek Clear. (2) kepada perusahaan, agar selalu meningkatkan daya saing terhadap shampo merek Clear dengan memonitor harga yang diterapkan oleh produk pesaingnya. (3) kepada perusahaan, perlu menjaga, mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas produk dengan terus berinovasi tanpa mengurangi kualitas dari produk shampo merek Clear. (4) kepada perusahaan perlu memperhatikan kepercayaan merek untuk meningkatkan pembelian shampo merek Clear dengan tujuan untuk menjaga kepercayaan konsumen.