Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah ini adalah masih ditemukan peserta didik yang pada dasarnya mereka mampu dalam mengikuti proses pembelajaran namun merekaterhambat karena kurangnya motivasi belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar pesertadidik di SMP Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Padang yang terdiri dari 8 kelas.Sampel penelitian adalah 66 orang peserta didik dengan teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan yaitu Angket,sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dilihat dari: 1) Menjelaskan tujuan pemberian layanan berada Pada kategori baik.2) Menyesuaikan pemberian layanan dengan bakat, kemampuan minat peserta didik berada pada kategori sangat baik.3) Menciptakan suasana pemberian layananan yang menantang,merangsang dan menyenangkan pada kategori baik.4) Profil upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII ditinjau dari Memberi hadiah atau (penguatan)dan hukuman bilamana perlu berada pada kategori baik. 5) Menciptakan suasana hubungan yang hangat dan dinamis antara Guru BKdan peserta didik serta antara peserta didik dan peserta didik berada pada kategori baik. 6) Menghindari tekanan-tekanan dan suasana yang tidak menentu,seperti suasana yang menakutkan, mengecewakan, membingungkan dan menjengkelkan berada pada kategori sangat baik. 7) Melengkapi sumberdan peralatan dalam pemberian materi layanan berada pada kategori baik.