Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari pada bahan ajar yang digunakan guru dan peserta didik berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang belum memiliki unsur seperti tidak ada mencantumkan petunjuk belajar, kompetensi inti dan kompetensi dasar. Hal ini unsur-unsur LKPD dan penggunaan pendekatan Saintifik tentu dapat menyebabkan terlaksananya tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan Saintifik pada materi Dunia Hewan (Animalia) untuk SMA kelas X yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and the development) dengan menggunakan model 4-D. Tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan LKPD berbasis pendekatan Saintifik, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 5 orang validator yang terdiri 3 orang dosen dan 2 orang guru Biologi. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru Biologi dan 42 orang peserta didik kelas X. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validasi LKPD berbasis pendekatan Saintifik oleh validator ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan menunjukkan bahwa LKPD berbasis Saintifik pada kriteria sangat valid dengan nilai 86,64%. Hasil uji praktikalitas oleh guru ditinjau dari kemudahan dan penggunaan, efisiensi waktu dan manfaat menunjukkan LKPD berbasis pendekatan Saintifik pada kriteria sangat praktis dengan nilai 95,66%. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik menunjukkan LKPD berbasis pendekatan Saintifik pada kriteria sangat praktis dengan nilai 92,24%. Berdasarkan analisis data validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis pendekatan Saintifik pada materi Dunia Hewan (Animalia) untuk SMA kelas X sangat valid dan sangat praktis.