Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Biologi Berbasis Saintifik Pada Materi Sistem Sirkulasi Untuk Siswa Kelas XI SMA
Main Author: | Mia, Ramayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7436/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7436/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7436/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7436/4/14010119%20-%20MIA%20RAMAYANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7436/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang digunakan di SMA Negeri 9 Padang yang berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) atau saat ini disebut dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKS tersebut belum memiliki unsur - unsur LKS yang lengkap, belum menggunakan pendekatan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Materi yang disajikan didalam LKS tidak lengkap belum memenuhi indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai. Hal tersebut berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKPD berbasis saintifik pada materi sistem sirkulasi manusia untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4- D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan develop yaitu uji validitas dan uji praktikalitas. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 5 orang validator yaitu 3 orang dosen dan 2 orang guru bidang studi Biologi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru bidang studi Biologi dan 42 orang peserta didik kelas XI SMA N 9 Padang. Data hasil uji validitas dan uji praktikalitas dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKPD berbasis saintifik oleh validator ditinjau dari segi aspek halaman muka, daftar isi, petunjuk belajar, kelayakan isi, penyajian isi, lembar kerja peserta didik, evaluasi dan daftar pustaka diperoleh nilai 86% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas LKPD berbasis saintifik ditinjau dari segi kemudahan dalam penggunaan, efektifitas waktu pembelajaran dan manfaat yang didapatkan, diperoleh nilai 87% oleh gueu dan 89,23% oleh peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis saintifik pada materi sistem sirkulasi manusia untuk siswa kelas XI SMA sangat valid dan sangat praktis.