Hubungan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MAN 1 Solok Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Author: Mardiyah, Nasution
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7433/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7433/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7433/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7433/4/14010101%20MARDIYAH%20NASUTION%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7433/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pemanfaatan lingkungan yang belum optimal karena waktu yang tersedia untuk melakukan pengamatan di lingkungan terlalu singkat dan masih rendahnya hasil belajar biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan hasil belajar biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati di MAN 1 Solok tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 3 kelas pada tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan yang berjumlah 102 orang siswa yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah angket. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah dan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi dan untuk koefisien determinan (KP) sebesar 49%. Untuk mengetahui koefisien korelasi berarti atau tidak maka dilakukan uji signifikasi dengan rumus t. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 9,56 > ttabel sebesar 1,66 pada α = 0,05 (taraf kepercayaan 95%) maka korelasi berarti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang erat antara pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan hasil belajar biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati di MAN 1 Solok tahun pelajaran 2018/2019.