Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, proses pembelajaran sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik namun dalam proses pembelajaran belum terlaksana dengan baik dan hanya terpusat pada guru. Masih banyak siswa yang kurang terlihat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Kelas eksperimen VIII.5 dan kelas kontrol VIII.3 diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posttest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi sikap yang berupa penilaian diri sendiri dan antar teman. Penilaian pengetahuan dapat dilihat dari tes akhir siswa yaitu menjawab 59 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kompetensi keterampilan dapat dilihat dari laporan yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata tes hasil belajar pada kelas eksperimen 80,70 (B), sedangkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas kontrol 69,37 (C) setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 6,59 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Untuk ranah afektif siswa pada kelas eksperimen 70,88 (C) pada kelas kontrol 64,75 (C) ttabel = 1,67 sedangkan thitung = 1,34 jadi thitung<ttabel, maka hipotesis ditolak. Psikomotor siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 67,75 (C) dan kelas kontrol 63,94 (C) ttabel= 1,67 sedangkan thitung= 0,68 jadi thitung<ttabel, maka hipotesis ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif sedangkan pada ranah afektif dan ranah psikomotor belum dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan.