Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilator belakangi pada proses pembelajaran IPA (Biologi) guru tidak hanya memberikan konsep-konsep kepadasiswa,melainkan guru juga harus memberikan pengalaman secara langsung melalui kegiatan praktikum. Padasekolah SMPN 5 Koto XI Tarusan guru masih menggunakan buku paket dalam melaksanakan kegiatan praktikum, karena disekolah tersebut belumt ersedianya penuntun pratikum. Saat pelaksanaan kegiatan praktikum siswa masih merasa kesulitan menggunakan buku paket tersebut karena langkah kerjanya sulit untuk dipahami siswa dan pada buku paket juga tidak disediakan lembaran untuk siswa membuatkan pengamatan dan pembahasan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum berbasis Problem Based Learninguntuk SMPyang valid danpraktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap Define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, tugas dimulai dengan analisis struktur isi dan analisis konsep serta analisis tujuan pembelajaran. Tahap Design dilakukan dengan mendesaian penuntun praktikum. Tahap Develop dilakukan uji validitas dengan pengisian angket oleh dosenahli dan guru IPA (Biologi), sedangkan uji praktikalitas dengan pengisian angketoleh guru IPA (Biologi) dan siswa kelas VII. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas penuntun praktikum oleh validator menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini sangat valid (92,91%). Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini sangat praktis (88,61%) dan hasil uji praktikalitas penuntun praktikum oleh siswa menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini sangat praktis (91,21%). Dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum berbasis Problem Based Learningpada materi klasifikasimakhlukhidupuntuk siswa SMP kelas VIIkoto XI Tarusan yang dihasilkan yaitu sangat valid dan sangat praktis.