Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang)

Main Author: Irma, Tri Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7415/3/IRMA%20TRI%20RIZKI%2013060154%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7415/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7415/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7415/4/KEPUSTAKAAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7415/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik bergantung dengan orang lain, adanya peserta didik yang marah tidak diberikan contekan, adanya peserta didik sulit berinteraksi dengan teman sekelas, dan adanya peserta didik yang tidak sekolah kalau tidak ada uang jajan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek intelektual. 2) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek sosial. 3) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek emosi. 4) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pendekatan penelitian adalah dengan rancangan one grup pre-test and post-test design. Teknik penarikan sampel adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek intelektual mengalami peningkatan 2) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek sosial mengalami peningkatan 3) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek emosi mengalami peningkatan. 4) Kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dilihat dari aspek ekonomi mengalami peningkatan. Penelitian ini direkomendasikan pada guru BK untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang kemandirian melalui layanan bimbingan kelompok dengan mengunakan metode diskusi kelompok berguna untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang kemandirian.