Daftar Isi:
  • Hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti pada materi Perubahan Lingkungan berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan pada tahun pelajaran 2016/2017 yaitu 75. Hal ini disebabkan karena ketika guru mengajukan pertanyaan siswa cenderung diam dan malu untuk bertanya. Siswa kurang aktif dalam kerja kelompok dan cenderung mengandalkan siswa yang pandai. Sementara itu, siswa yang lain hanya diam dan sibuk dengan kegiatan masing-masing, sehingga kerja sama dan tanggung jawab siswa dalam kelompok masih kurang dan diskusi kelompok berjalan tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomised Control group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X SMAN 1 Lembah Gumanti yang terdiri dari 3 kelas tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas eksperimen X MIPA 1, kelas kontrol X MIPA 2 dan data dianalisis dengan menggunakan Uji normalitas, uji homogenitas dan Uji-t. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah kognitif dan psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata penilaian ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 71 sedangkan kelas kontrol 74. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = -1,20 dan ttabel= 1,67 sehingga hipotesis ditolak. Pada ranah psikomotor diperoleh rata-rata kelas eksperimen 33,74 dan kelas kontrol 59,32. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = -0,25 dengan ttabel = 1,67 sehingga hipotesis ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning tidak dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomor kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2017/2018.