Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Ditinjau dari Profesi Orang Tua Siswa di SMP Negeri 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Michael, Jarda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7391/1/12020133%20MICHAEL%20JARDA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7391/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7391/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7391/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7391/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS Siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Batang Anai ditinjau dari profesi wiraswasta orang tua siswa. Suatu permasalahan yang muncul dari dokumentasi nilai hasil belajar IPS kelas VII semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dari lima lokal di kelas VII terdapat dua lokal yakni VII I dan VII II belum berhasil mencapai hasil belajar sesuai Kriteria Kelulusan Minimal yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa tersebut ditinjau dari profesi wiraswasta orang tua siswa. Tinjauan dari profesi wiraswasta diangkat berdasarkan data dari Unit Tata Usaha SMP Negeri 4 Batang Anai yang menunjukkan profesi tersebut merupakan profesi orang tua siswa terbanyak, dari 145 siswa terdapat 42 siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai wiraswasta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa ditinjau dari profesi wiraswasta orang tua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pemilihan responden ditentukan dengan purposive sampling, ditentukan 42 siswa yang orang tuanya berprofesi wiraswasta. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor. Analisis data menggunakan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan tiga faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Anai ditinjau dari profesi wiraswasta orang tua siswa. Faktor pertama adalah faktor perhatian orang tua dengan keberagaman varian sebesar 40,965%, sedangkan korelasi antar indikator yang membentuk faktor berkisar antara 65,6% hingga 77,9%. Faktor kedua adalah pemenuhan fasilitas belajar dengan korelasi faktor antar indikator 54,3% sampai 82,0%. Faktor ketiga adalah dukungan orang tua dengan nilai korelasi antar indikator sebesar 54, 8% hingga 63,4%. Faktor bimbingan orang tua merupakan faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar siswa ditinjau dari profesi orang tua siswa dengan nilai korelasi antara indikator dengan faktor berkisar antara 65,6% hingga 77,9%