Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 33 Padang
Main Author: | Novita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7373/1/NOVITA%20SARI%20-%2011050239%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7373/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7373/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7373/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7373/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep siswa masih rendah dan siswa tidak mau bertanya tentang materi yang belum dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 33 Padang yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.2 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII.1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk essay. Berdasarkan hasil analisis data didapat rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 81,73 sedangkan kelas kontrol adalah 51,77. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak, diperoleh t_hitung= 6,23 dan t_tabel=2,01 sehingga diperoleh t_hitung>t_tabel, maka hipotesis yang diajukan diterima pada α=0,05. Jadi pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang